Cara Mengatasi Kebakaran di Dapur

Home/Uncategorized/Cara Mengatasi Kebakaran di Dapur
  • Alat Pemadam Otomatis Dapur

Cara Mengatasi Kebakaran di Dapur

Tidak jarang kejadian kebakaran yang belakangan ini sering terjadi berasal dari dapur. Dan dari musibah tersebut, sebagian besar dari kita umumnya paling panik ketika menghadapi kejadian kebakaran di dapur karena banyak barang-barang yang dapat memicu apinya sehingga dapat menjalar dengan cepat. Untuk itu, kita perlu tahu apa yang harus dilakukan ketika terjadi kebakaran di dapur. Berikut ini merupakan cara mengatasi kebakaran di dapur:

Kebakaran yang disebabkan oleh minyak

Kebakaran yang diakibatkan oleh minyak tidak boleh ditangani seperti menangani api. Aturan No 1: Jangan menuangkan air pada apinya. Cara terbaik untuk menanganinya adalah dengan meredakannya, jika mungkin, dan biarkan mati.

Ikuti langkahnya berikut ini:

  • Setiap kali Anda memasak, sediakan sarung tangan untuk oven, pemegang panci (lampin), dan tutup yang pas dengan wajan sehingga Anda dapat langsung menggunakannya jika terjadi kebakaran.
  • Jika minyak dalam wajan Anda menyambar api, segera kenakan sarung tangan oven, kemudian letakkan tutup panci yang pas di atasnya untuk memadamkan apinya. Cobalah untuk menggeser tutupnya melawan arah sumber api sambil menurunkan tutupnya.
  • Matikan kompor dan tinggalkan pancinya di tempatnya sambil mendinginkannya.
  • Jangan memindahkan panci, jangan pernah membawanya keluar atau meletakkannya di wastafel. Dan jangan mengangkat tutupnya sampai benar-benar dingin.

Kebakaran yang disebabkan oven, microwave, dan listrik

Kebakaran di dapur bisa terjadi di mana saja di dapur – dekat stopkontak listrik, dalam microwave, atau di kompor. Dan berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengetahui apa yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran dengan penyebab seperti ini:

  • Kebakaran karena oven. Segera tutup pintu ovennya dan matikan ovennya. Jika apinya tidak segera padam, hubungi pemadam kebakaran. Periksa oven dan perbaiki sebelum Anda menggunakannya lagi.
  • Kebakaran karena microwave. Tutup pintu microwavenya dan tetap ditutup. Matikan microwave dan cabut sambungan listriknya jika Anda dapat melakukannya dengan aman. Biarkan pintunya tertutup dan jangan menggunakannya lagi sampai Anda diperiksa oleh teknisi ahli.
  • Kebakaran karena listrik. Cegah kebakaran listrik dengan tidak menggunakan stopkontak secara berlebihan. Jika api mulai menyala, gunakan alat pemadam kebakaran; jangan pernah menyiramnya dengan air.

Kebakaran yang disebabkan tabung gas

Jangan panik apabila Anda mendapati gas di dapur mengalami kebocoran dan jangan pula berlari atau menyiram air apabila ada api yang keluar dari selang yang bocor, Anda cukup mencabut regulator yang menancap pada tabung LPG maka api akan mati dengan sendirinya.

Untuk mendeteksi kebocoran gas ini sendiri sangatlah mudah, biasanya apabila selang atau regulator kendur maka ada suara atau bau dari gas yang sangat khas. Jika kondisinya seperti itu, maka cabutlah terlebih dahulu regulatornya dan periksa kembali pemasangannya.

Mengggunakan alat pemadam kebakaran

Setiap dapur harus dilengkapi dengan alat pemadam kebakaran. Pilih yang berlabel aman untuk digunakan untuk segala jenis api, dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau.

Jika api mulai menyala, Anda tidak akan punya waktu untuk membaca petunjuk pengggunaannya. Dan berikut adalah tips menggunakan alat pemadam kebakaran:

  • Pertama, cabut pin pengamannya – alat ini tidak akan bekerja jika Anda tidak mencabutnya.
  • Arahkan alat pemadam tersebut ke sumber api, bukan bagian atasnya.
  • Pegang pada pegangannya, tekan ke bawah tuasnya, dan lepas ketika Anda sudah selesai menggunakannya.
  • Semprotkan horizontal bolak-balik pada apinya sampai padam, ingat untuk mengarahkannya ke bawah.

Baking soda juga merupakan bahan yang penting di dapur, dan bukan hanya untuk memanggang kue.

Jika terjadi kebakaran pada kompor listrik atau jika Anda tidak memiliki apa pun yang tersedia untuk meredakan kebakaran karena minyak, ambil sekotak baking soda dan tuangkan merata pada apinya.

Baking soda dapat membantu memadamkan kebakaran kecil, tetapi mungkin Anda perlu lebih banyak baking soda. Jangan gunakan tepung untuk memadamkan api, karena dapat membuat api lebih buruk.

Saatnya menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran

Jangan pernah ragu-ragu untuk menghubungi petugas pemadam kebakaran jika terjadi kebakaran. Tapi jika kebakarannya masih kecil, cobalah tips di atas untuk memadamkannya sambil menunggu bantuan datang.

Anda juga harus memastikan anggota keluarga Anda untuk segera keluar dari rumah, jika apinya membesar dan menyebar, Anda harus keluar juga. Ingat utamakan keselamatan: Lindungi diri dan anggota keluarga Anda, dan segera minta bantuan.

 

Namun, selain cara-cara diatas, ada juga cara yang lebih modern dan praktis untuk mengatasi kebakaran di dapur, yaitu dengan cara memasang Alat Pemadam Otomatis untuk Dapur / Kitchen Fire Suppression System. Bila anda tertarik untuk memasang  Kitchen Fire Suppression System / Alat Pemadam Otomatis di dapur anda, silahkan klik disini untuk menghubungi kami.

 

About the Author:

Leave A Comment

About Us

CV. Pandawa Lima Primatech merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Fire Protection dan Safety Equipment. Kami menjual berbagai produk alat pemadam kebakaran, refill tabung pemadam, instalasi dan maintenance fire fighting system, fire suppression system, dll. Salah satu produk kami adalah Alat Pemadam Otomatis / Automatic Fire Suppression System. Alat Pemadam Otomatis / Automatic Suppression System merupakan serangkain alat yang bisa mendeteksi penyebab-penyebab terjadinya kebakaran seperti asap, api, panas dan ketika alat ini mendeteksi penyebab-penyebab terjadinya kebakaran tersebut maka alat ini akan otomatis memadamkannya. CV. Pandawa Lima Primatech merupakan spesialis alat pemadam pemadam otomatis untuk Dapur dan Server Room / Data Centers.

STARVVO FIRETRAP

STARVVO FIRETRAP di ciptakan dan di desain untuk melindungi dan mencegah terhjadinya kebakaran besar di wilayah dapur dan terintegrasi dengan hood (tudung tungku) dan exhaust,filter serta ducting. STARVVO FIRETRAP melindungi peralatan masak bersuhu tinggi dan peralatan memasak seperti berbagai jenis fryers broilers, char-broilers ,woks, griddles serta range tops STARVVO FIRETRAP cocok untuk dapur komersial dalam rantai makanan cepat saji, food court , pengunjung, toko-toko, fasilitas katering, mobile kitchen, hotel , stadion, sekolah, rumah sakit dan fasilitas lain yang menggunakan tungku/kompor. Kelebihan lain yang bisa kami berikan adalah GSM MODULE yaitu fitur yang memberikan informasi terjadinya bahaya kebakaran secara real time via handphone sehingga ANDA bisa mengetahui terjadinya bahaya kebakaran meskipun ANDA tidak berada di lokasi kebakaran (dapur) atau tidak ada orang/personil di lokasi kebakaran.